Sabar.. Rencana Kenaikan Gaji PNS Masih Dalam Kajian

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Direktorat Kompensasi ASN mempertimbangkan untuk meminta kenaikan gaji bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Instansi ini diketahui tengah menyusun konsep usulan kenaikan gaji pokok PNS pada 2019.

Alasan BKN mengusulkan kenaikan gaji PNS ini karena mempertimbangkan bahwa telah lebih dari dua tahun PNS tidak memperoleh kenaikan gaji pokok.  Sedangkan tingkat inflasi dalam dua tahun terakhir bergerak sekitar 6-8 persen. Tingkat inflasi ini lebih tinggi dari kenaikan gaji maupun daya beli PNS.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman mengatakan, saat ini Kementerian PANRB masih mengkaji terkait dengan usulan kenaikan gaji.

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan Kementerian PANRB dalam pembahasan kajian tersebut.

"Jadi Pak Menteri sering kali mengatakan kinerjanya dulu sambil berjalan kalau kinerjanya bagus sambil berjalan pemerintah akan berpikir tentang kenaikan gaji," kata Herman, Jumat (23/3/2018).

Prinsip dari kenaikan gaji PNS prinsip ini adalah untuk memenuhi kualifikasi dan kompetensi dalam kinerja. Selama itu terpenuhi, kemungkinan PNS dapat mengalami kenaikan gaji.

Sayangnya, Herman belum mau menyebut kapan keputusan kenaikan gaji tersebut dapat direalisasikan.

"Tunggu aja saya tidak mau berbicara kapan, tapi banyak hal yang sedang dipertimbangkan kita sedang simulasikan supaya skemanya tepat baik untuk semua pihak," tandasnya.(*)

PNS

BERITA REKOMENDASI