Sail Moyo Tambora Momentum Bangkitkan NTB

SUMBAWA, KRJOGJA.com -Event pariwisata internasional Sail Moyo Tambora resmi dibuka di Pelabuhan Badas Sumbawa, Minggu (9/9/2018). Festival ini diharapkan bisa menjadi momentum bangkitnya pariwisata tidak saja di Lombok dan Sumbawa, tapi juga di Indonesia.

Pembukaan perhelatan Sail Moyo Tambora 2018 ditandai dengan meniup serunai oleh Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur NTB TGB Zainul Majdi. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 23 September mendatang menghadirkan 140 "yatcher" dari 38 negara yang datang berlayar menggunakan kapal yacht ke Sumbawa dari arah Australia dan Singapura.

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan yang mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun ini terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan event pariwisata bertaraf internasional, yakni Sail Moyo Tambora 2018 karena merupakan salah satu daerah yang memiliki kekayaan bahari melimpah. Kegiatan ini juga menjadi awal dari recovery pariwisata Lombok dan Sumbawa pasca gempa yang menerpa NTB secara beruntun dalam beberapa waktu terakhir. 

"Saya mengapresiasi atas terselenggaranya event ini, yang juga diisi dengan rangkaian kegiatan amal dan bakti sosial, sehingga dapat membangkitkan kembali semangat dan mengurangi beban saudara-saudara kita yang terdampak gempa," kata Luhut saat membacakan sambutan Presiden Jokowi.

Kegiatan Sail Moyo Tambora 2018 ini juga diharapkan dapat dijadikan momentum yang strategis bagi Provinsi NTB sebagai ajang promosi untuk mengangkat potensi yang dimiliki dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat daerah. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selaku Ketua Panitia mengatakan, penyelenggaraan Sail Moyo Tambora di Pulau Sumbawa NTB, yang merupakan satu dari 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia. "Adapun Launcing kegiatan Sail Moyo Tambora 2018 telah dilaksanakan di Jakarta pada Tanggal 15 Juli 2018 yang menampilkan Parade Budaya Lombok Sumbawa," jelasnya.

Berbagai rangkaian kegiatan yang digelar untuk menyemarakkan Sail Moyo Tambora 2018 antara lain, Pre-event Tambora Volcano Tour, International Yacht Rally yang diikuti sekitar 140 kapal yacht dari 38 negara melintasi jalur Sail Moyo-Tambora di perairan Indonesia, Culture Performance Moyo Tambora, Expo Maritim and Tourism, City Parade, Moyo Tambora Fun Run, International Culinary Program dan Bakti Sosial. 

Selain itu, dalam rangkaian seremoni Sail Moyo Tambora ini, digelar juga sejumlah kegiatan internasional, seperti Dialog Budaya, Investment Forum, Seminar International Asia Pasifik Geopark Network, International Paragliding.

Sedangkan pada pelaksanaan acara puncak, menampilkan  persembahan tarian daerah dari NTB, parade kapal nelayan masyarakat Kabupaten Sumbawa, pertunjukan drama teater, marching band, terjung payung, atraksi paramotor, penanaman pohon hingga penyelenggaraan pameran maritime (Maritim Expo). (Imd)

BERITA REKOMENDASI