Sambut 2019, Ini Pesan Menag Lukman

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dalam menyambut Tahun Baru 2019, Menteri Agama, Lukman Saifuddin, berpesan agar pemahaman dan praktik keagamaan di masyarakat semakin memanusiakan sesamanya.

"Mari kita kembalikan agama kepada esensi dan substansi ajarannya yang memanusiakan manusia. Agama tidak boleh kita gunakan untuk saling merendahkan dan bahkan meniadakan eksistensi satu dengan yang lain," kata dia, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (01/01/2019)

Dia juga mengajak setiap warga untuk mengembalikan pemahaman dan praktik keagamaan kepada esensi ajarannya, yaitu untuk melindungi serta memelihara harkat, derajat dan martabat kemanusiaan kita. Kepicikan sebagian kalangan yang berakibat mudah menyalahkan dan memaksakan pemahaman agamanya kepada pihak lain. "Agama haruslah kita pahami dan amalkan untuk mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan," ujarnya.

Dirinya pun bersyukur secara umum kerukunan hidup antarumat beragama saat ini bisa tetap terjaga secara baik di tengah kompleksitas kemajemukan bangsa dan persaingan hidup yang semakin terbuka, keras, dan tajam.

"Sambut 2019 dengan penuh optimisme bahwa kehidupan keagamaan akan semakin berkualitas. Sinergitas umat, tokoh agama dan masyarakat serta pemimpin bangsa akan semakin memperkokoh persatuan bangsa Indonesia," tandasnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI