Sandiaga : Seluruh Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Akan Teritegrasi PeduliLindungi

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRjogja.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga S Uno mengatakan bahwa seluruh sektor usaha pariwisata dan ekonomi kreatif akan terintegrasikan pada aplikasi peduli lindungi. Di samping itu Kemenparekraf menggiatkan sosialisasi penggunaan QR code pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Seluruh sektor usaha pariwisata dan ekonomi kreatif akan teritegrasikan pada aplikasi peduli lindungi. Kemudian dari hasil laporan sementara ini menunjukkan satu grafik yang cukup memuaskan dan kami terus mensosialisasikan agar pemahaman dan penggunaan aplikasi peduli lindungi itu semakin diperluas di hotel, restoran, kafe serta usaha pariwisata dan ekenomi kreatif lainnya,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno, pada acara weekly press briefing secara virtual di Jakarta, Senin (06/09).

Sandiaga mencotohkan, bahwa sebelumnya sempat viral beberapa tempat yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Mengenai hal tersebut pemerintah akan bertindak tegas dan memberikan sosialisasi terhadap penggunaan QR code, karena berdasarkan hasil pantauan sementara yang ia sampaikan menunjukkan bahwa QR code tidak digunakan secara semestinya.

Optimalisasi penggunaan aplikasi peduli lindungi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ditunjukkan melalui perkembangan colour code pada aplikasi peduli lindungi. Colour code ini dimaksudkan agar tidak terjadi kluster baru covid-19. “Colour code hijau, kuning, merah dan hitam. Dulu tidak ada yang hitam tetapi sekarang ditambahkan yang hitam ini untuk yang belum divaksin dan masih berkegiatan dan terindikasi kontak erat covid-19, dan per hari ini yang diperkenankan masuk adalah yang hijau dan kuning. . Sementara yang merah dan hitam tentunya akan diupayakan treatment agar mereka menjadi colour code hijau dan kuning,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno.

Sandiga menyampaikan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama dengan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri akan menerbitkan surat edaran mengenai himbauan atau seruan untuk penggunaan aplikasi peduli lindungi secara bertahap sesuai dengan koordinasi lintas kementerian lembaga.

BERITA REKOMENDASI