Sandiaga Terus Upayakan Pemulihan Pariwisata

Ditambahkan, pemerintah terus mempersiapkan 5 destinasi super prioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo Mandalika dan Likupang , dan sudah gerak cepat. Untuk pembangunan infrastruktur di 5 super prioritas ini pemerintah menyediakan dana sebesar Rp 20 triliun dengan 258 proyek.

“Selain Bali, 5 destinasi super prioritas adalah tulang punggung disektor pariwisata. Di 5 wilayah ini sudah dilengkapi dengan kegiatan-kegiatan menyeimbangkan,” tegasnya.

Sementara itu Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Bekraf) Nia Niscaya mengatakan, penurunan wisman manca negara (wisman) yang berkunjung ke ke Indonesia mencapai 16 juta kunjungan dengan perolehan devisa mencapai 116 juta dokar AS. Namun jumlah wisman pada tahun 2020 turun drastis dan hanya bisa mendatangkan wisman 4.08 juta kunjungan dengan perolehan devisa hanya 3,54 juta dolar AS.

“ Kenapa jumlah wisman dan lerolehan devisa drop lada tahun 2020, itu karena adanya wabah covid-19 sehingga negara-negara melakukan penutupan dan adanya pelarangan untuk berkunjung ke negara lain,” kata Nia. (Lmg/Imd)

BERITA REKOMENDASI