Satgas Covid-19: Lomba HUT Ke-75 RI Tidak Dilarang, Tapi..

JAKARTA, KRJOGJA.com – Rakyat Indonesia sebentar lagi bakal merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI pada 17 Agustus 2020. Tiap tahunnya, masyarakat kerap menggelar perlombaan untuk memeriahkan momen kebangsaan itu.

Namun ketika pandemi corona melanda Tanah Air, tentu ada perbedaan dari kegiatan tahunan ini.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito tak melarang jika masyarakat ingin menggelar lomba untuk menyemarakkan HUT ke-75 RI. Namun, ia mengingatkan protokol kesehatan harus dijalankan.

“Sebetulnya momen 17 Agustus bagus untuk kita kreatif,” kata Wiku dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 Kemenkominfo di Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Wiku menuturkan, masyarakat bisa berkreasi membuat lomba untuk melawan virus corona. Misalnya saja lomba jaga jarak sambil menari atau bernyanyi.

“Mari kita munculkan lomba-lomba kreatif yang melawan Covid-19. Misal lomba jaga jarak, sambil nyanyi, sambil jaga jarak, atau bikin lomba jingle, dan menggunakan kearifan lokal bahasa daerah,” jelasnya.

Wiku melanjutkan bahwa lomba-lomba seperti itu boleh dilakukan. Namun yang tidak boleh yakni lomba yang mensyaratkan adanya berpegangan atau berjabat tangan.

“Lomba-lomba seperti itu yang harus dilakukan, jangan lomba yang berjabat tangan atau pegangan, itu harus dihindari total karena di situ letak penularan,” pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI