Sektor Perhotelan Bakal Dapat Jaminan Pembiayaan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Guna mendukung sektor perhotelan dan pariwisata agar bangkit di tengan pandemi, pemerintah bakal memasukkan jaminan pembiayaan kepada perbankan. Melalui Kementerian Keuangan pemerintah akan menempatkan dana di perbankan, selanjutnya perbankan meneruskan pembiayaan kepada sektor perbankan.

“Ini secara back to back kepada sektor perhotelan. Ini yang sedang kita finalisasikan,” ungkap Menteri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakartam Kamis (18/03/2021).

Airlangga Hartarto mengungkapkan jaminan pembiayaan tersebut kini masih digodok pemerintah. Selain itu untuk mendukung pembiayaan minimum pemeliharaan hotel, pemerintah juga menyiapkan beberapa alternatif lainnya yakni relaksasi ketentuan kredit dan restrukturisasi.

Apa pula penyediaan kredit modal kerja dengan bunga murah untuk pemeliharaan hotel, fasilitas penjaminan kredit modal kerja (IJP), serta dukungan pemerintah daerah. “Pemerintah menyiapkan insentif ‘Bangga Buatan Indonesia’ untuk mendorong arus wisatawan,” tambahnya.

Disiapkan pula paket wisata untuk tenaga kesehatan dan juga menggunakan kombinasi vaksin gotong royong untuk wilayah tertentu. Bagi perusahaan peserta vaksin gotong royong berhak mendapatkan diskon atau kupon paket wisata untuk karyawannya atau diskon paket rapat di hotel.

“Kemudian setiap orang yang telah divaksin dua kali, baik vaksin program maupun gotong royong, berkesempatan membeli kupon paket wisata,” jelas Airlangga Hartarto. (Van)

BERITA REKOMENDASI