Sektor Pertanian Tetap Tumbuh Di tengah Pandemi

BOGOR, KRJOGJA.com – Sektor pertanian tetap tumbuh di tengah pandemi.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) nasional tumbuh 16,24 persen pada kuartal ke-II 2020 dibanding kuartal sebelumnya.

Demikian Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) Dalam acara pengukuhan profesor riset Balitbang Kementan, Kota Bogor, Selasa (1/9/2020). “Kementerian Pertanian melakukan langkah-langkah terobosan agar, yang bisa menyentuh kepentingan rakyat dan sektor pertanian adalah sektor yang paling real dalam memberikan dukungan ketahanan pangan untuk kepentingan masyarakat,” paparnya.

Perekonomian RI pada kuartal II 2020 menyusut 4,19 persen dibanding kuartal sebelumnya. Sektor pertanian menjadi penyumbang tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi, di mana pertanian tumbuh 16,24 persen pada triwulan-II 2020 sementara secara year on year tumbuh 2,19 persen.

Kemtan terus gencar memberikan bantuan dan pendampingan sehingga aktivitas pertanian terus memberikan kontribusi terhadap ekonomi nasional karena produksi pangan tidak ada masalah. Para petani untuk terus meningkatkan produksi pertanian. Salah satu terobosan yakni memajukan musim tanam.

“Kami coba lakukan untuk menjaga ketahanan pangan sampai akhir 2020. Di kuartal kedua ini kami lakukan percepatan tanam di 5,8 juta hektar. Percepatan tanam juga dilakukan untuk menyiasati masuknya musim kemarau,” paparnya.

BERITA REKOMENDASI