Selama Covid-19, Penguasaan TIK Guru jadi Hal Penting

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim di Jakarta,Senin (14/9 2020) menegaskan penguasaan teknologi dan informasi dalam situasi saat ini begitu dibutuhkan oleh para guru.

Mendikbud juga bangga, lantaran lebih dari 60 ribu guru dari seluruh Indonesia mengikuti Program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK). PembaTIK merupakan program besutan Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan atau Pusdatin Kemendikbud yang bertujuan mengenalkan teknologi informasi dan komunikasi dalam melakukan pembelajaran para guru.

“Betapa bangganya saya ketika mengetahui program pelatihan guru PembaTIK tahun ini diikuti lebih dari 60 ribu guru. Atau seribu persen peningkatan dari pertama kali kegiatan ini diselenggarakan dua tahun yang lalu,” kata Nadiem.

Nadiem menambahkan, capaian tersebut begitu luar biasa. Hal ini sekaligus menunjukkan semakin banyak guru yang menginginkan pengaplikasian teknologi dalam pembelajaran. “Kita semua mengalami di masa Covid ini bahwa kita berupaya lebih keras, lebih cerdas sehingga pembelajaran dapat terus berlangsung,” ujar Nadiem.

Nadiem menegaskan penguasaan teknolog, seperti TIK dalam situasi saat ini begitu dibutuhkan oleh para guru.

Semangat gotong royong yang ditunjukkan oleh para guru ini bisa terus dilanjutkan. “Agar kita lebih siap beradaptasi, siap melakukan pembenahan. Tidak lagi menunggu perubahan itu terjadi,” ujarnya.(ati)

BERITA REKOMENDASI