Selidiki Kebocoran Data Registrasi, DPR Bentuk Panja

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat membentuk panitia kerja (panja) untuk perlindungan data pelanggan seluler. Panja ini dipicu oleh ketidakpuasan DPR terhadap penyelenggaraan registrasi kartu seluler prabayar.

Rapat dengar pendapat antara Komisi I dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, serta sejumlah operator seluler, menghasilkan pembentukan panitia kerja sebagai solusi sementara. Panja ini akan bakal bertugas mendalami potensi kebocoran data ataupun penyalahgunaan data yang telah terjadi.

"Panja akan segera minggu ini atau minggu depan akan dibentuk karena hanya membutuhkan rapat internal Komisi I untuk membentuknya kemudian bisa langsung jalan," kata Wakil Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Roy Suryo, menjelaskan panja ini akan mendalami isu keamanan data pelanggan. "Terus terang saya masih sangat penasaran dengan disparitas 45 juta nomor sekian tadi, itu kan harus ketemu kesalahannya di mana," ujar Roy.

Pembentukan panja, menurut Roy, dapat mempermudah kerja parlemen guna mendalami potensi kebocoran data. Sebab dengan panja, Komisi I dapat memanggil Kementerian Dalam Negeri yang notabene bukan mitra kerja mereka. (*)

BERITA REKOMENDASI