Sempat Tertunda Tiga Bulan, Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengumumkan pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang ke-4 dibuka hari ini, Sabtu (08/08/2020) pukul 12.00 WIB. Pendaftaran dibuka setelah sempat tertunda sejak Mei lalu.

“Setelah sementara waktu kami hentikan dari 28 Mei, kami akan mulai pembukaan batch keempat ini besok, di hari Sabtu,” ujar Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahudin.

Ia menuturkan kuota gelombang IV, dan selanjutnya ditambah menjadi 800 ribu orang. Sebelumnya, kuota Kartu Prakerja gelombang I hingga III berkisar 200 ribu hingga 300 ribu orang.

Jika kuota tersebut terpenuhi, maka target jumlah peserta Kartu Prakerja tahun ini sebanyak 5,6 juta orang bisa tercapai di Oktober mendatang.

“Jadi kuota ini sudah ditetapkan sebesar 800 ribu per batch (gelombang) ke depannya akan tetap 800 ribu kecuali ada keputusan lain yang ditetapkan oleh komite,” imbuhnya.

Namun, pemerintah akan memprioritaskan peserta yang merupakan usulan peserta dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Mereka yang masuk dalam usulan itu adalah para korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga karyawan yang dirumahkan akibat Covid-19 sebanyak 2,1 juta orang. Porsinya, sebesar 80 persen dari kuota 800 ribu, atau setara 640 ribu orang. (*)

BERITA REKOMENDASI