Semua Pihak Diajak Jamin Pelindungan Pekerja Rumah Tangga

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sektor domestic worker, khususnya Pekerja Rumah Tangga (PRT) telah memberi kontribusi yang tidak sedikit bagi perekonomian nasional. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, mengingatkan agar perlindungan bagi PRT, khususnya PRT perempuan menjadi perhatian bersama.

“Perlindungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun menjadi tanggung jawab kita semua, termasuk tanggung jawab lingkungan di mana PRT tersebut bekerja,” kata Ida dalam Webinar “Pentingnya UU Perlindungan PRT Untuk Perempuan Indonesia” bersama KOWANI, Senin (13/7/2020).

Menaker menjelaskan, PRT berperan penting dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari. Sehingga sudah selayaknya pekerja yang berprofesi sebagai PRT mendapatkan perlindungan yang layak.

Menurutnya, pelindungan tersebut untuk menjamin hak-hak dasar pekerja dan menjamin kesamaan kesempatan, serta pengakuan tanpa diskriminasi.

“Hal ini untuk mewujudkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan,” jelasnya Menaker.

BERITA REKOMENDASI