Sepeda Diusulkan Kena Pajak?, Ini Tanggapan Kemenhub

JAKARTA.KRJOGJA.com – Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menegaskan tidak pernah berbicara mengenai ide atau usulan pajak sepeda.

“Tidak berbicara dan juga tidak sedang melakukan kajian tentang pajak sepeda. Justru kita mendorong pengguna sepeda untuk mendapat perlindungan dan kemudahan dalam aktifitasnya,” tegas Budi Setiyadi di Jakarta, Selasa menanggapi berbagai berita di media masa soal wacana pajak sepeda.

Budi Setiyadi mengemukakan, pihaknya hanya memberikan penilaian bahwa penggunaan sepeda perlu diatur mengingat kegiatan bersepeda semakin marak akibat pandemi Covid-19. Pengaturan dimaksud menyangkut aspek keselamatan.

Budi menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, sepeda termasuk dalam kategori kendaraan tidak bermotor yang digerakkan oleh manusia. Untuk itu pengaturan tentang tatacara penggunaanya dapat dilakukan dengan peraturan daerah. Namun saat ini Kemenhub juga sedang melakukan didkusi dengan beberapa pihak terkait kemungkinan untuk merancang peraturan menteri mengenai keselamatan pengguna sepeda.

BERITA REKOMENDASI