Serangan Teror di Polda Sumut, Satu Polisi Gugur Bertugas

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dua orang terduga teroris menyerang Polda Sumatera Utara (Sumut) pada Minggu (26/6/2017) sekira pukul 03.00 WIB. Akibatnya satu orang anggota Polri atas nama Aiptu M Sigalingging gugur dalam bertugas lantaran ditusuk dengan pisau.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menjelaskan kronologis kejadian serangan tersebut. Pada dini hari di hari lebaran Idul Fitri 1438 Hijiriah tersebut, dua orang terduga teroris melompat pagar penjagaan di Polda Sumut dan menyerang salah satu pos.

"Jadi di Polda Sumut ada tiga pos, pos satu, pos dua dan pos tiga. Pos satu yang digunakan untuk masuk, pos dua digunakan untuk VIP, pos tiga untuk keluar. Pos tiga ditutup setelah jam 18.00. Jadi tadi malam atau tadi pagi tepatnya jam 03.00 itu di pintu tiga sudah tertutup. Kalau malam hanya lewat pintu satu saja. Dua orang ini melompat kemudian menyerang di pos yang hanya ada dua orang polisi," jelas Setyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Minggu (25/6/2017)

Pos yang diserang tersebut, kata Setyo harusnya diisi oleh empat penjaga. Dua di antara penjaga itu tengah melakukan patroli di luar. Sementara satu orang sedang beristirahat dan satunya lagi sedang ada di luar pos untuk melakukan kontrol.

"Yang diserang ini adalah yang di dalam pos sedang istirahat. Pada saat diserang, anggota atas nama Aiptu Martua Sigalingging gugur karena ditikam dengan senjata tajam," katanya.

Selanjutnya, anggota lainnya atas nama Brigadir E Ginting minta tolong pada Brimob yang sedang berjaga di pintu lain. "Anggota Brimob akhirnya mengambil tindakan dengan satu pelaku tewas di tempat karena dilumpuhkan dan satu dalam keadaan kritis," tukasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI