Serius Garap BUMDes, Mendes Kebut Jalin Kerjasama

JAKARTA (KRjogja.com) – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo tengah serius mempercepat pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Untuk itu, ia juga mempercepat teknis kerjasama dengan Badan Urusan Logistik (BULOG) dan Bank Negara Indonesia (BNI), untuk turut membantu berdayakan BUMDes.

“Desa maju yang infrastruktur dasarnya sudah terpenuhi, kita arahkan untuk pengembangan BUMDes. Cuma formatnya seperti apa, BUMDEs ini intinya adalah smallholding di level desa,” ujarnya, saat menerima kunjungan satuan kerja BULOG dan BNI, di Kantor Kemendesa PDTT Kalibata Jakarta, Selasa (9/8/2016) malam.

Menteri Eko mengatakan, dana desa yang dialokasikan berkisar Rp600-700 juta setiap desa, bisa dimanfaatkan untuk bekerjasama dengan BNI untuk mendirikan satu badan usaha mikro. Selanjutnya, desa juga bisa bekerjasama dengan BULOG terkait pengadaan sarana pasca panen.

“Problem di Indonesia untuk sektor industri sudah cukup bagus, walaupun masih ada room untuk pengembangan. Tetapi ketersediaan pasca panen kita masih belum ada. Jadi kita akan buat unit pasca panen yang soft di level desa. Yang bisa jadi rekanan BULOG mungkin seperti beras,” ujar Menteri Eko. (*)

 

BERITA REKOMENDASI