Serunya, Nyate Berjamaah di Ponpes Tebu Ireng

JOMBANG (KRjogja.com) – Hari raya Idul Adha 1437 Hijriah menjadi momentum menyenangkan bagi para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Para santri ini mengaku lebih asyik nyate berjamaah ketimbang mudik ke kampung halaman. Meski saat ini tengah libur panjang. 

Sejak pukul 10.00 WIB, ribuan santri ini sudah menyiapkan segala kebutuhan untuk nyate berjamaah ini. Mulai dari bumbu, tusuk sate, hingga arang yang digunakan untuk membakar daging. Sembari, menunggu pemberian daging dari panitia kurban pondok.

Lazimnya santri pondok, mereka berkumpul dengan rekan satu kamar masing-masing. Ada yang diteras, pondok. Ada juga yang memilih berada di halaman. Namun yang pasti, mereka bersama-sama bahu-membahu untuk membuat sate paling lezat. 

Ada yang meracik bumbu, ada juga yang mengiris daging dan menusuknya menjadi sate. Terakhir, sate yang sudah matang, disantap bersama-sama. Mereka pun terlihat lahap dan menikmati kebersamaan itu. 

"Ini yang ditunggu-tunggu, kita nyate berjamaah. Asyik kalau di Pondok lebih asyik, karena rami-ramai sama teman. Kalau di rumah hanya sama orangtua," ungkap Alfian Zulkarnain, salah seorang santri asal Kabupaten Gresik, Senin (12/9/2016). (*)

BERITA REKOMENDASI