Setelah Bertemu Menhan Amerika, Prabowo ke Prancis Bahas Alutsista

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melanjutkan kunjungan ke Prancis, setelah lawatan di Amerika berakhir. Di Paris, Prabowo bertemu Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly dan membahas soal alutsista serta kerjasama soal pertahanan.

“Indonesia ingin terus mengembangkan kerja sama dengan Prancis di berbagai sektor pertahanan termasuk dalam memperkuat alutsista TNI dan memajukan kapasitas industri pertahanan Indonesia sebagai bagian dari global production chain produk alutsista,” kata Prabowo.

Pertemuan itu sekaligus menindaklanjuti pertemuan Prabowo dan Parly pada Januari lalu yang berkaitan dengan Perjanjian Kerja Sama Bidang Pertahanan (Defense Cooperation Agreement/DCA).

Perjanjian tersebut akan memayungi kerja sama pertahanan secara komprehensif seperti kerja sama bidang pendidikan dan latihan militer, keamanan maritim, pemberantasan terorisme, pengembangan industri pertahanan hingga penguatan kapasitas dalam penanganan bencana seperti pandemi Covid-19 yang saat ini melanda kedua negara.

Keduanya sepakat agar perjanjian di bidang pertahanan ini bisa ditandatangani pada akhir tahun, bertepatan dengan peringatan HUT ke-70 hubungan diplomatik Indonesia dan Prancis. (*)

BERITA REKOMENDASI