Siap-siap, 20 Ribu Buruh Besok Bakal Kepung Istana Negara

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebanyak 20 ribu buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)‎ akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara pada Selasa (6/2/2018).

Buruh menuntut pencabutan aturan upah murah, menolak impor beras, dan instruksi pilih pemimpin pro buruh.

Deputi Presiden KSPI, Muhammad Rusdi ‎menyatakan, KSPI yang terdiri dari sembilan federasi, termasuk Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) akan menggelar aksi di Istana Negara pada Selasa depan.

"Aksi ini diikuti sekitar 20 ribu massa buruh dari DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Kami akan menyuarakan tiga isu utama yang kami sebut Tritura, yakni tiga tuntutan buruh dan rakyat," tegas dia dalam keterangannya, Minggu (4/2/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal DPP FSPMI, Riden Hatam Aziz menambahkan ‎aksi unjuk rasa ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun FSPMI ke-19 yang jatuh pada 6 Februari.

Demo dipusatkan di Istana Negara untuk wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat."‎Sudah dipastikan tidak kurang dari 20 ribu buruh akan menggelar aksi ini. Kami sudah mendata untuk keperluan bus, seragam dan kami sudah siapkan," kata dia.

Sementara di luar daerah itu, aksi akan digelar serentak di kantor Gubernur masing-masing wilayah. "‎Kami sudah lakukan kunjungan kerja, buruh di 17-18 provinsi juga akan bergerak di tanggal 6 Februari 2018. Aksi serentak menuntut hal yang sama," Riden berujar.(*)

BERITA REKOMENDASI