Siap-siap, Jumlah Bank Bakal Dikurangi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) menyebutkan jumlah bank di Indonesia kemungkinan akan mengalami penurunan.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dalam keterangannya kepada media mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi. Namun, dalam realisasinya tetap harus berdasarkan kondisi pasar.

"Minta (pengurangan jumlah) kan boleh, tapi kan harus market base, tidak bisa dipaksakan. Sesuatu kalau dipaksakan tidak bisa, harus market base prosesnya," kata Wimboh, Selasa (29/1/2019).

Wimboh tidak menyebutkan berapa jumlah bank yang ideal di Indonesia. Sebab, menurut dia, jumlah tersebut mengikuti kesesuaian dengan pasar.

Dia juga menyatakan bank jangan takut dengan persaingan yang ada. Jika memang tidak mampu berdiri sendiri, bank tersebut bisa menjalin konsolidasi dengan bank lainnya agar tetap dapat berjalan.

"Mau berapa pun (jumlah bank) kalau market base, itulah yang jumlah yang pas. Jangan berdebat jumlah, kan menjadi debat kusir. Kita ikuti saja market base yang ada. Kalau memang layak hidup, ya hidup, kalau sakit ya cari partner," ujarnya.(*)

BERITA REKOMENDASI