Siapkan Berkas, Pendaftaran CPNS 2020 Bakal Dibuka September

JAKARTA, KRJOGJA.com – Proses perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 kini telah memasuki tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sejak Senin, 27 Januari 2020.

Tahap tes ini akan berlangsung hingga awal Maret 2020, untuk kemudian dilanjutkan kepada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) mulai 25 Maret 2020.

Setelah perekrutan tersebut, pemerintah rencananya akan kembali membuka proses penerimaan CPNS di tahun ini. Lantas, kapan kira-kira tahap pendaftaran akan kembali diadakan?

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dalam keterangannya kepada media membuka kemungkinan pendaftaran CPNS tahun ini kembali diadakan mulai September mendatang. Namun, ia belum dapat merinci berapa jumlah formasinya.

"Kita belum dapat informasinya, mungkin setelah ini. Tapi kalau ada lagi, mungkin nanti September baru akan. Berapa formasinya belum tahu," ujar Bima, Rabu (29/1/2020) malam.

Adapun pada proses pengadaan CPNS 2019 terdapat sebanyak 154.029 formasi, yang terdiri atas instansi pusat sebanyak 37.584 formasi dan instansi daerah sebanyak 116.445 formasi.

Seluruh proses perekrutan akan berakhir dalam tahap usul penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) yang direncanakan berlangsung hingga pertengahan Juni 2020. Sebelum itu digelar, BKN akan menyampaikan pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada 1 Mei 2020.

Untuk pelaksanaan Tes SKD yang saat ini tengah berlangsung, Bima mengatakan para peserta mampu memperoleh nilai yang tinggi lantaran punya waktu cukup untuk mempelajarinya.

"Ini meningkat dari sisi peserta dan dari sisi kualitas soal. Ini nilainya tinggi-tinggi. Mungkin mereka punya waktu belajar yang lebih baik," ucap dia.(*)

 

BERITA REKOMENDASI