Sidang Parlemen Taiwan Ricuh

Editor: Ivan Aditya

TAIWAN, KRJOGJA.com – Anggota parlemen oposisi Taiwan menumpahkan ember berisi organ babi ke dalam ruang parlemen sebagai bentuk protes terhadap keputusan pemerintah yang melonggarkan pembatasan impor daging tersebut dari Amerika Serikat. Anggota parlemen Partai Kuomintang (KMT) menumpahkan ember-ember berisi jeroan babi ke lantai ruang rapat saat pertemuan.

Tak hanya itu, para politikus KMT juga melemparkan usus, hati, jantung, dan organ babi lainnya kepada anggota parlemen lawan mereka. “Kami sangat menyesal membuang organ dalam babi di parlemen, tapi ini untuk menyoroti masalah komoditas daging babi,” kata anggota parlemen oposisi Lin Wei-chou.

Pemerintah Taiwan baru-baru ini mengumumkan akan mengizinkan impor daging babi AS mulai 1 Januari mendatang. Daging babi tersebut dikabarkan diberi makan suplemen zat aditif ractopamine yang dilarang di negara seperti Uni Eropa dan China.

Para pejabat Washington menekankan bahwa pembatasan impor daging sapi dan babi AS ke Taiwan menjadi ganjalan relasi kedua belah pihak terutama dalam kerja sama perdagangan. Meski tidak memiliki relasi diplomatik akibat Kebijakan Satu China, AS memiliki perjanjian kerja sama dengan Taiwan seperti dalam sektor ekonomi, perdagangan, hingga pertahanan. (*)

BERITA REKOMENDASI