Sinyal Black Box JT-610 Terdeteksi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tim SAR Gabungan telah mendapatkan sinyal kotak hitam atau black box pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610. Wakil Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Haryo Satmiko mengatakan sinyal kotak hitam itu didapatkan dari lokasi pencarian jatuhnya pesawat bertipe Boeing 737 Max 8 tersebut.

"Memang benar titik signal suara atau ping," kata Haryo saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (31/10/2018).

Dia mengatakan sinyal tersebut didapat dari alat Ping Locator dan telah dibuktikan dengan menggunakan robot penyelam atau Robotly Underwater Vehicle (ROV). Tim penyelam saat ini diterjunkan untuk membuktikan dan memastikan apakah sinyal tersebut berasal dari kotak hitam milik Lion Air JT-610.

"Kita tunggu hasil dari tim gabungan lapangan yang berada di lokasi perairan Tanjung Pakis, Karawang melalui info berikutnya," ujar dia.

Direktur Kesiapsiagaan Badan SAR Nasional (Basarnas) Tim SAR Gabungan sebelumnya mendeteksi benda yang diduga badan atau bodi pesawat Lion Air JT-610 di Perairan Tanjung Pakis. Tim SAR Gabungan tengah mengecek dugaan itu dengan menerjunkan tim penyelam. (*)

BERITA REKOMENDASI