Siswa Harus Membangun Karakter Sesuai semangat Sumpah Pemuda

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sekjen Kemdikbud Didik Suhardi dalam Peringatan Sumpah Pemuda di Kemikbud Jakarta, Minggu (28/10/2018) meminta di zaman milenial ini mengajak seluruh siswa harus membangun karakter ,sebagai bentuk semangat Sumpah Pemuda

"Bentuk karakter yang harus dibangun tersebut  cinta tanah air, memiliki kreativitas tinggi,memiliki kreativitas tinggi memiliki tanggung jawab, jujur, anti hoak, anti radikalisme dan memiliki jiwa kewirausahaan,"katanya.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan pemuda masih punya peran dalam perubahan bangsa karena pemuda yang akan mengoreksi jika ada sesuatu hal dalam bernegara yang berjalan salah. "Pada konteks sumpah Pemuda. Dalam sejarah pemuda kita ini memilih untuk bersatu. Saya berharap 20 tahun kedepan generasi muda menjadi generasi emas, yang akan memimpin bangsa Indonesia" .ujarnya.
 
Hilmar juga meminta melakukan pemahaman dan meningkatkan  aktualisasi dan adaptasi nilai kesejarahan dalam kehidupan masyarakat.  Dalam melaksanakan tersebut diwujudkan dalam suatu gerakan yang diberi nama GENTA (Gerakan Nasional Cinta Air) Indonesia. Adapun bentuk kegiatannya dikaitkan dalam setiap peringatan hari-hari nasional, salah satu diantaranya peringatan hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober.

"Tujuan gerakan ini adalah untuk membangkitkan rasa cinta tanah air dan penanaman semangat  jiwa nasionalisme bagi generasi muda dan masyakat pada umumnya."

Dalam kesempatan yang sama Alisa Wahid mengatakan ,manfaat dan hasil dari kemudahan sebagai generasi muda sekarang  itu ditentukan dari karakter.

"Jadilah anak muda yang berkarakter bertumpu pada diri sendiri dan kemandirian. Jadilah yang panjang akal, ketika meliesutua banyak kalau menerima.pesan segera itu jemari kita bisa menghancurkan kita ,info sengaja dibuat untuk menimbulkan permusuhan diantara kita." (Ati)

BERITA REKOMENDASI