Siti Aisyah Dipulangkan Hari Ini

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Siti Aisyah, warga Indonesia yang sempat didakwa membunuh Kim Jong-nam di Malaysia pada 2017 lalu akan dipulangkan ke Jakarta hari ini, Senin (11/03/2019). Pemulangan Siti dilakukan setelah jaksa penuntut umum Malaysia mencabut seluruh dakwaan terhadap perempuan asal Serang, Banten, tersebut.

Atas dasar itu, hakim Pengadilan Tinggi Shah Alam menyatakan membebaskan Siti dalam persidangan di Malaysia pagi waktu setempat. "Secepatnya, kalau bisa dipulangkan hari ini, ya hari ini," ucap Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana.

Meski begitu, Rusdi tak menjelaskan secara rinci kapan Siti akan dipulangkan dan dikembalikan kepada keluarga. Sementara itu, sumber CNNIndonesia.com mengatakan Siti akan dipulangkan dan tiba di Jakarta sore ini melalui Bandara Halim Perdanakusuma.

Dia akan diterbangkan dari Negeri Jiran menggunakan maskapai Lion Air atau Garuda Indonesia. Sedangkan menurut kuasa hukum Siti, Gooi Soon Seng, kliennya akan dipulangkan menggunakan pesawat jet sewaan. Dia menyatakan sedang dalam perjalanan menemani kepulangan Siti, tetapi tidak akan mendampingi hingga Jakarta.

Siti bersama tersangka lainnya asal Vietnam, Doan Thi Huong, telah mengikuti persidangan sejak Oktober 2017 lalu karena dituduh mengusapkan racun syaraf VX ke wajah Kim Jong-nam, yang tak lama tewas di terminal 2 Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Februari 2017. Proses persidangan Siti dan Doan berjalan sangat lambat lantaran banyak saksi yang didatangkan. Selain itu, sejak Agustus lalu persidangan lanjutan juga tak kunjung digelar. (*)

BERITA REKOMENDASI