Skenario Kasus Covid-19 Meningkat 30-60 Persen, Paling Berat DIY-Jakarta

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan kebutuhan tempat tidur (TT) rumah sakit dengan skenario terburuk peningkatan kasus Covid-19 menjadi 30-60 persen, dalam sepekan hingga dua pekan ke depan.

Menkes Budi menyebut, dua provinsi yang akan terdampak paling buruk apabila ada kenaikan kasus Covid-19 sebesar 30 persen adalah DI Yogyakarta dan DKI Jakarta.

“Kalau memburuk 30 persen seminggu ke depan yang berat adalah Yogyakarta dan DKI Jakarta. Jadi paling berat akan hadapi kalau ada perburukan terus. Karena akan kekurangan tempt tidur isolasi dan intensif,” kata Budi di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (13/7/2021).

Dia menyebut, pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi untuk dua provinsi tersebut. Namun, strategi penanganan untuk Yogyakarta dan DKI berbeda.

“Karena Jogja yang telah terisi 2.000 an TT, BOR 91 persen, tapi masih bisa menkonversi kamar RS,” kata dia.

“Berbeda dengan Jakarta, kamar yang sudah dikonversi sudah lebih dari 50 persen. Jadi kita convert satu RS besar jadi RS covid, kita lakukan di RS Fatmawati, RS Persahabatan, dan Sulianti Saroso,” terang Menkes Budi.(*)

BERITA REKOMENDASI