SMKN 1 Pekanbaru Juara Kompetisi DSSC 2019

JAKARTA.KRJOGJA.com – Team Hang Tuah dari SMK N 1 Pekanbaru berhasil memenangi kompetisi Dekkson SMK Sales Championship (DSSC) 2019, mengalahkan 11 team finalis. Sedangkan juara 2 dan 3, diraih Team Kite Sales dari SMK Kristen Immanuel Pontianak dan Team Mojale45 dari SMK 45 Lembang Bandung.

Atas prestasi yang diraihnya tersebut, Team Hang Tuah berhak meraih hadiah tour ke Italia dan Swiss. "Team pemenang beserta mentor dan guru pembimbing akan diajak berkunjung ke pabrikan pembuat kunci dan pintu otomatis di Italia dan Swiss," ujar Program Director yang juga Ketua Dewan Juri DSSC, Dedy Budiman usai pengumuman pemenang di Jakarta, Minggu (15/09/2019) malam.

DSSC 2019 adalah sebuah program kompetensi yang dirancang bagi para pesertanya, khususnya siswa-siswi SMK jurusan pemasaran untuk dapat mengasah dan meningkatkan skill dan kemampuannya sehingga dapat langsung terjun dalam dunia industri. Pada setiap tahapannya, panitia mengkombinasikan antara penjualan dengan target, kegiatan event off air, serta aktivitas branding lewat social media. 

Sebelum 11 Team Finalis memasuki tahap final di Jakarta, mereka diwajibkan untuk mengadakan local event dengan target dan ketentuan, mengundang minimal 30 tamu dari profesi arsitektur/kontraktor & mandor, melakukan presentasi product Dekkson sebagai testimony dari aktivitas direct selling selama 2 tahapan sebelumnya, mengadakan, mengkordinasikan dan menjalankan event gathering, serta mencapai target penjualan minimal 3 juta pada event tersebut.

Tahap local event yang dimulai dari tanggal 25 Juni–16 Juli 2019 diikuti 11 Team Finalis, yakni Team Hollywood Dekkson dari SMKN 1 Kayuagung Palembang, Team Begalor dari SMKN 1 Tanjungpandan Belitung, Team Shitsuke dari SMK Mitra Bakti Lampung Timur, Team Hang Tuah dari SMKN 1 Pekanbaru, Team Pualapak dari SMKN 2 Pariaman Padang, Team Vermillion dari SMKN 23 Pademangan Jakarta, Team Mojale45 dari SMK 45 Lembang Bandung, Team Krincing Wesi dari SMKN 1 Kebumen, Team Creativity dari SMKN 1 Tanjung Pinang Bintan, Team Kite Sales dari SMK Kristen Immanuel Pontianak, dan Team Sales Squad dari SMKN 2 Tondano Manado.

Pada Babak final yang digelar pada tanggal 14-15 September 2019 ditampilkan Stand Up selling Project sebagai salah satu penilaian akhir dari kesebelas team peserta DSSC 2019. Dalam babak ini, setiap kelompok sudah ditentukan untuk mempresentasikan salah satu dari tema proyek, yakni hotel, office, cinema bioskop, rumah sakit dan sebagainya untuk mengaplikasikan product Dekkson tersebut. 

Tidak hanya mempresentasikan, team juga ditantang untuk beradu argumen dan debat dengan team rival yang susunannya telah ditentukan oleh panitia. Pada tahap ini, panitia ingin mengeluarkan potensi setiap anggota untuk lebih fierce, lebih kritis dan memiliki percaya diri dan mempertahankan argumentasinya dengan baik di hadapan dewan juri.

Event DSSC 2019, didukung sepenuhnya oleh PT. Fajar Lestari Sejati selaku principal dari brand architectural hardware, khususnya aksesoris pengunci pintu dan jendela yang sudah berdiri 25 tahun. Selama ini Dekkson mendominasi dan menguasai market share di kategori kunci pintu dan jendela, dan dikenal sebagai salah satu merek berkualitas dengan komitmen “Quality is The Key.”

Marketing Director PT Fajar Lestari Sejati, Lucky Nugroho mengatakan, melalui Dekkson SMK Sales Champhionship ini pihaknya ingin menunjukkan perhatian dan kontribusi yang nyata bahwa para pelaku bisnis semakin peduli dalam memberikan kesempatan bagi para siswa/siswi terutama lulusan SMK untuk mengembangkan potensinya.

"Dengan kegiatan DSSC ini para peserta dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan mentalitas diri mereka, yang sangat bermanfaat dalam dunia bekerja," ujar Lucky. (Imd).

BERITA REKOMENDASI