Soal Alat Tangkap Cantrang, Begini Komentar Menteri Susi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kebijakan pelarangan penggunaan alat tangkap cantrang turut menjadi perhatian dari Presiden Joko Widodo. Pro kontra kebijakan ini pun dianggap menghabiskan energi karena seharusnya pemerintah dapat fokus pada sektor lainnya untuk menyejahterakan para nelayan. 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, kebijakan ini memang perlu dilakukan oleh pemerintah. Sebab, penggunaan cantrang bisa memberikan dampak negatif bagi lingkungan kelautan di Indonesia.

"Saya tahu kebijakan tidak pernah bisa sempurna, tapi dengan kondisi ikan semakin banyak, saya yakin pelaku penangkapan ikan, pengusaha kapal besar tidak perlu lagi menggunakan alat yang merusak lingkungan," kata Susi di Kantor Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (10/7/2017). 

Susi pun menekankan bahwa pemerintah tetap secara tegas melarang penggunaan cantrang. Kebijakan ini diyakini dapat menguntungkan nelayan di Indonesia. "Dengan perhitungan dan analisa, Pak Jokowi, saya dan seluruh tim tetap firm cantrang harus dihentikan, dan semestinya kita tidak berpolemik lagi mengenai hal itu," tuturnya. (*)

BERITA REKOMENDASI