Soal Dana Pensiun PNS Rp 1 M, Tjahjo Kumolo Klarifikasi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo mengklarifikasi pernyataannya soal usulan dana pensiun bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) yang dapat mencapai Rp1 miliar.

Tjahjo menyatakan tak pernah mengusulkan pemberian dana pensiun Rp1 miliar untuk PNS saat berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Yang sebenarnya terjadi adalah diskusi dirinya dengan PT Taspen. Tjahjo berkata materi yang dibicarakan menyangkut iuran bulanan PNS yang dikelola PT Taspen.

Ia berharap dana PNS dikelola dengan baik sehingga dapat diakumulasikan menjadi dana pensiun yang maksimal ketimbang dana pensiun yang saat ini baru mencapai puluhan juta. “Sehingga nanti diharapkan ASN bisa mendapatkan hasil tabungannya di Taspen dengan jumlah siginifikan, syukur bisa mencapai Rp1 miliar,” kata Tjahjo.

“Jadi pembicaraan dengan PT Taspen, tidak dengan Menteri Keuangan sebagaimana diberitakan media online,” ujar Tjahjo lagi tanpa menyebut pihak dari PT Taspen yang berdiskusi dengan dirinya.

Harapan dana pensiun yang maksimal, kata Tjahjo, berdasarkan kondisi manajemen keuangan PT Taspen yang sehat. (*)

BERITA REKOMENDASI