Soal Kepulauan Natuna, Ini Cita-cita Menteri Susi

JAKARTA (KRjogja.com) – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menargetkan pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di 15 lokasi pulau terluar dan kawasan perbatasan. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Menurutnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya mengejar penyelesaian pembangunan SKPT di 10 lokasi pada tahun ini. Termasuk di Kabupaten Natuna, yang dipusatkan di Selat Lampa.  

"Indonesia itu sangat sentral dilewati empat samudera, dan Natuna titik spot yang luar biasa penting," tegas Menteri Susi dalam keterangan resminya, Senin (22/8/2016).

Di Natuna, lanjutnya, bukan hanya menjanjikan di sektor perikanan, tapi juga titik potensial Indonesia untuk menjadi poros maritim dunia. Menurut Susi, keberadaan negara bisa dihormati negara lain melalui pembangunan.

"Tidak bisa hanya bilang ini tanah kita, teritorial kita, lalu membiarkan siapa saja masuk menjarah (sumber daya alam) kita. Tentu tidak seperti itu karena kita perlu memastikan sumber perikanan dan kedaulatan perikanan kita terjaga," ucap Susi. (*)

BERITA REKOMENDASI