Sopir Juga Wajib Rapid Antigen saat Masuk Bali

ATURAN wajib rapid test antigen berlaku bagi setiap warga yang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2021. Bukan hanya wisatawan, awak angkutan atau sopir juga harus menyertakan hasil rapid antigen negatif Covid-19.

Kewajiban rapid antigen ini sangat memberatkan para sopir. Biaya yang dikeluarkan mereka tidak sebanding dengan gaji yang didapatkan dalam sekali perjalanan.

Keberatan para sopir disikapi Satgas Covid-19 dengan mendirikan posko layanan rapid test antigen gratis. Pelayanan ini dikhususkan bagi sopir logistik yang membawa barang dari Jawa ke Bali. Sedangkan bagi warga lainnya, biaya rapid test tidak ditanggung pemerintah.

Penerapan wajib rapid test antigen berlaku mulai, Sabtu (19/12/2020), bagi semua warga yang masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, termasuk juga para sopir kendaraan barang, terutama logistik.

Hari pertama penerapan wajib rapid test antigen di Gilimanuk, Satgas Covid-19 Bali dan Satgas Covid-19 Kabupaten Jembrana mendirikan posko pelayanan rapid test antigen gratis bagi para sopir logistik.

Posko rapid test antigen gratis berlokasi di halaman parkir teluk gilimanuk. Sejumlah tenda didirikan mulai dari pendaftaran para sopir. Posko pendaftaran dijaga petugas perhubungan Bali dibantu TNI.

Usai mendaftar, para sopir diarahkan untuk melakukan rapid test antigen. Pengambilan rapid tes antigen dilakukan oleh petugas Dinas Kesehatan Jembrana. Terdapat empat meja pelayanan rapid test antigen guna melayani pelaksanaan tes cepat bagi para sopir.

BERITA REKOMENDASI