Sore Ini, Jamaah Tarekat Syattariyah Baru Lihat Hilal

PADANG, KRJOGJA.com  – Pemerintah menetapkan Idul Fitri 1438 Hijriah jatuh pada hari ini, Minggu (25/6/2017).  Namun, jamaahTarekat Syattariyah di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, sampai hari ini mereka masih menunaikan ibadah puasa.

“Hari ini kita masih puasa hanya sebagian kecil di Kabupaten Padang Pariaman ini yang sudah merayakan Idul Fitri, sedangkan jamaah Tarekat Sayattariyah belum merayakan,” ujar ulama Tarekat Syattariyah Kayu, Tanam Padang Pariaman, Tuanku Imam Sidi , Minggu (25/6/2017).

Rencananya nanti para ulama Syattariyah ini akan berkumpul di Masjid Ulakan Tapakis untuk melakukan tradisi menilik bulan sekira pukul 18.00 WIB. “Nanti sore kita seluruh ulama Syattarariyah akan melakukan tradisi maniliak (menilik) bulan di pantai Ulakan,” sambungnya.

Biasanya menilik bulan ini dilakukan saat menjelang magrib. Para ulama dan warga pengikut terekat ini akan bersama-sama melihat bulan dengan mata telanjang tidak memakai alat teropong seperti yang dilakukan pemerintah saat ini.

“Kita melihat bulan secara kasat mata saja tidak memakai peralatan apa-apa, kalau nanti sore itu bulan sabitnya terlihat nanti setelah sembayang Isha akan dilanjutkan sidang isbat oleh para ulama, tujuanya untuk memutuskan kapan hari raya Idul Fitri,” terangnya.

Tuanku emanmabahkan, jika nanti sore itu nampak bulan di ufuk barat sudah dipastikan besok jamaah ini akan lebaran.

“Tapi kalau tidak nampak bulannya maka lebaran akan diputuskan jatuh pada hari Selasa,” katanya. 

“Pengikut Tarekat Syattariyah ditempat kita ini ada 70 persen dari jumlah warga, baru 30 persen yang merayakan Idul Fitri hari ini,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI