Sosialisasikan Islam Moderat di Dunia, Salah Alamat Tuduh Din Radikal

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sekretaris Umum PP Muhamamdiyah menilai adanya salah alamat bagi pihak tertentu yang yang melaporkan Prof Dr Din Syamsudin ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan tuduhan radikal. Mengingat Din dikenal sebagai seseorang yang sangat aktif mendorong moderasi beragama dan kerukunan intern dan antarumat beragama baik di dalam maupun luar negeri.

Sekum PP Muhammadiyah Prof Dr Abdul Mu’ti mengemukakan hal tersebut dalam siaran pers yang disampaikan ke media, Jumat (12/2) sore. Hal tersebut disampaikan sebagai tanggapan dengan adanya pihak yang menamakan Gerakan Anti-Radikalisme Alumni ITB (GAR-ITB) telah melaporkan Din Syamsuddin sebagai ASN yang radikal.

Din Syamsuddin sebutnya menjadi salah seorang tokoh Muslim Indonesia yang gencar menyosialisasikan Wasatiyah Islam, Islam yang moderat ke penjuru dunia. Dengan peran dan posisinya sebagai moderator Asian Conference of Religion for Peace (ACRP), dan co-president of World Religion for Peace (WCRP), Din acap menjadi wakil dunia Islam berbicara dengan tokoh agama dunia. “Tentu masih banyak lagi peran penting Pak Din dalam forum dialog antar-iman. Jadi sangatlah keliru menilainya sebagai seorang yang radikal,” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI