Sri Mulyani Berharap Ketegangan Dagang Amerika – China Berakhir

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap Amerika Serikat dan China segera menyepakati sejumlah hal positif demi menjaga stabilitas perekonomian global. Sebelumnya, sejak pertemuan G20 pekan lalu, AS dan China masih mencari solusi untuk mencairkan tensi perdagangan antara mereka berdua.

"Kedua negara memiliki ukuran yang sangat besar. Apa yang dilakukan kedua negara akan memiliki dampak yang merembes (ke negara lain) baik di dimensi politik, keamanan, perdagangan, dan ekonomi," ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengungkapkan dinamika global akan terus berkembang. Saat ini, Sri Mulyani tidak mengetahui apakah hubungan kedua negara akan semakin baik.

Tapi ia berharap, AS dan China bisa mengedepankan upaya menjaga stabilitas tidak hanya di kedua negara, namun dunia supaya masalah cepat selesai. Hal ini diharapkan terwujud dalam satu kesepakatan yang akan memberikan dampak positif.

"Tentu kita berharap (AS dan China) akan menciptakan lingkungan yang lebih pasti dan lingkungan yang lebih aman dan adil tentunya karena kedua belah pihak mengharapkan suatu perdagangan yang adil," ujarnya.

Terkait penangkapan Direktur Keuangan Huawei Meng Wanzhou di Kanada oleh pemerintah AS, Sri Mulyani enggan berkomentar banyak. Penangkapan yang terjadi kemarin itu terjadi di saat AS dan China tengah bernegosiasi untuk mencari solusi penyelesaian sengketa dagang. (*)

BERITA REKOMENDASI