Sri Mulyani ‘Bersih-bersih’ Pasar Modal

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan 'bersih-bersih' pasar modal dari sejumlah pihak yang hobi memanipulasi harga saham (goreng saham) akan mengerek kepercayaan investor. Sebab, tanpa manipulasi harga, investor dapat mengambil keputusan yang jelas mengenai potensi risiko dan imbal hasil (return) yang diraih.

Bersih-bersih pasar modal dari manipulator adalah arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada petinggi Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Bursa (merupakan) suatu tempat di mana masyarakat atau investor bisa menaruh kepercayaan sehingga mereka bisa mendapatkan harapan sesuai dengan jenis investasinya," ucap Sri Mulyani.

Terlebih, sambung dia, investor dari kelas menengah semakin tumbuh belakangan ini. Makanya, jika tata kelola pasar modal memburuk, bisa jadi investor akan menarik dananya dari pasar saham.

"Oleh karena itu regulator dan pembuat kebijakan harus bekerja sama memperbaiki. Saya dalam hal ini Kementerian Keuangan bekerja sama dengan OJK dan BI membangun integritas bagi investor," jelas Sri Mulyani. (*)

BERITA REKOMENDASI