Status Bromo Waspada

Editor: Ivan Aditya

MALANG, KRJOGJA.com – Erupsi terjadi di Gunung Bromo pada Selasa (19/02/2019) pagi tadi. Namun erupsi tak sampai mengganggu penerbangan yang melintas kawasan sekitar gunung yang berada di provinsi Jawa Timur tersebut.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan erupsi Gunung Bromo terjadi sekitar pukul 06.00 WIB dengan tinggi kolom abu dari puncak terpantau sekitar 600 meter.

"Saat ini Gunung Bromo berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi agar masyarakat di sekitar gunung Bromo, dan pengujung atau wisatawan dan pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif gunung Bromo," kata Kasbani.

Kasbani menerangkan kolom abu dari erupsi yang terjadi pada pagi tadi teramati berwarna putih hingga coklat dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal condong ke arah timur laut, timur, tenggara, selatan, dan barat daya, dan barat.  Ia mengatakan emisi abu menerus dengan amplitudo gempa tremor menerus 0.5-1 milimeter dominan 1 milimeter. (*)

BERITA REKOMENDASI