Status Gunung Agung Meningkat Awas

Editor: Ivan Aditya

BALI, KRJOGJA.com – Status Gunung Agung di Karangasem, Bali, ditingkatkan menjadi Awas (Level IV) dari semula Siaga (Level III) terhitung mulai Jumat (22/09/2017) pukul 20.30 WITA.

"Melihat perkembangan kondisi terakhir Gunung Agung, yang apinya sudah tinggi dan peningkatan kegempaannya juga sangat luar biasa, maka kita tingkatkan statusnya dari Siaga atau Level III menjadi Awas atau Level IV," kata Kasbani, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian ESDM.

Dengan peningkatan status itu, katanya, maka wilayah steril yang semula untuk radius enam kilometer dari puncak gunung diperluas menjadi sembilan kilometer. Lalu, perluasan wilayah sektoral juga ditambah dari  semula 7,5 kilometer menjadi 12 kilometer ke arah Utara, Timur Laut, Tenggara dan Selatan-Baratdaya.

Seluruh daerah juga harus dikosongkan dan masyarakat dievakuasi mulai Jumat malam (22/09/2017) pukul 20.30 WITA. Tidak boleh ada wisatawan atau aktivitas masyarakat di dalamnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan bahwa Kepala BNPB bersama pejabat terkait telah berada di Bali untuk berkoordinasi dengan Gubernur Bali dan Bupati terkait. (*)

BERITA REKOMENDASI