STNK Berbentuk Kartu Diterapkan 2021

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Koprs Lalu Lintas Polri Brigjen Halim Pagarra mengatakan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) model baru akan mulai diberlakukan pada 2021. Sejauh ini, Polri sudah mengkaji dengan beberapa lembaga.

Demi merealisasikan itu, lanjutnya, Korlantas Polri membahas dan mengkaji bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan. Sosialisasi kepada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di berbagai daerah juga dilakukan.

“Yang termasuk dalam pembina samsat tingkat pusat dan daerah yaitu Kemendagri dalam hal ini Dirjen Bina Keuangan, kemudian Kemenkeu dalam hal ini PT Jasa Raharja,” tuturnya.

Salah satu hal yang dikaji bersama yakni ihwal cip pada STNK yang akan berbentuk kartu tersebut. Nantinya, cip bakal dikonsep agar bisa digunakan sebagai alat pembayaran, misal pembayaran tol, parkir, dan sebagainya.

“Yang dikaji salah satunya adalah penggunaan cip yang akan ditempatkan pada kartu STNK,” ujar Halim.

Halim mengatakan bahwa STNK yang berbentuk kartu merupakan hasil improvisasi Kepolisian dalam hal penyimpanan data kendaraan. Dia mengklaim STNK berupa kartu juga lebih efisien, mudah disimpan, plus tak gampang rusak. (*)

BERITA REKOMENDASI