Stok Kebutuhan Pokok Saat Puasa dan Lebaran Dipastikan Aman!

JAKARTA,KRJOGJA.com – Menteri Pertanian Amran Sulaiman memastikan stok sejumlah bahan kebutuhan pokok untuk Ramadan dan Lebaran 2017 mencukupi. Oleh sebab itu, tidak ada alasan harga-harga bahan kebutuhan pokok tersebut naik pada dua momen tersebut.

Amran mengungkapkan, jika dulu pada awal tahun saat musim paceklik stok beras masih mencukupi untuk kebutuhan di dalam negeri. Saat ini, dengan ketersediaan stok beras di gudang Perum Bulog yang mencapai 2,2 juta ton diyakini akan membuat harga tetap stabil.

‎"(Stok) sangat baik. Dulu paceklik saja Januari-Februari aman, harga stabil. Tidak ada alasan harga beras naik. Stok kita seluruh Gudang Bulog di Jakarta penuh, tidak ada alasan," ujar dia dalam keterangnnya, Rabu (3/5/2017).
tok yang mencukupi juga berlaku untuk daging dan bawang merah. Bahkan harga bawang merah di tingkat petani berada pada harga Rp 8.000 per kilogram (kg) dari biasanya yang sebesar Rp 15 ribu per kg.‎

"Bawang harga di petani 2 minggu lalu hanya Rp 8 ribu per kg, harusnya minimal Rp 15 ribu. Cabai juga turun. Daging juga ada 40 ribu ton," kata dia.

Meski demikian, lanjut Amran, pemerintah tetap akan menambah pasokan bawang merah dan bawang putih masing-masing sebesar 2.000 ton dan 1.000 ton.

Pemerintah akan menugaskan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Perum Bulog untuk menyerap komoditas ini dari petani dan menyalurkannya kepada masyarakat.(*)

BERITA REKOMENDASI