Strategi Indonesia Hadapi Kebijakan Baru Trump

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pemerintah Indonesia menunggu kebijakan baru pemerintah Amerika Serikat di bawah pimpinan presiden terpilih Donald Trump. Pemerintah tengah menyiapkan berbagai kemungkinan yang akan dihadapi Indonesia terkait dengan kebijakan Presiden AS ke-45 itu.

Menurut Retno, dunia juga tengah menunggu arah kebijakan pemerintahan Trump ke depan, terutama negara-negara yang selama ini menjalin kerja sama dengan Amerika Serikat.

"Saya kira bukan hanya Indonesia yang menunggu, tapi dunia juga menunggu bagaimana nantinya pemerintah baru Amerika Serikat ini memformulasikan kebijakan-kebijakannya yang menyangkut hubungannya dengan negara lain," kata Retno usai rapat koordinasi tingkat menteri di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (11/11/2016).

Dia menyampaikan, meski Trump sudah dinyatakan sebagai pemenang pilpres, ada beberapa proses yang mesti dilalui sebelum Trump dilantik pada Januari mendatang. Retno mengatakan pihaknya telah mengidentifikasi berbagai kemungkinan yang akan dihadapi dan strategi yang akan dipakai untuk merespons pola pemerintahan baru AS. (*)

BERITA REKOMENDASI