Subsidi Kuota Internet Rp 5,5 Triliun Bakal Diberikan untuk Guru dan Siswa

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebanyak 35,5 juta siswa, guru, mahasiswa dan dosen di seluruh Indonesia telah merasakan manfaat bantuan subsidi kuota internet senilai Rp5,5 triliun dari pemerintah di tengah pandemi Covid-19.

Bantuan subsidi kuota internet tersebut merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digelontorkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebutkan bahwa di masa pandemi ini, kuota internet sudah jadi kebutuhan primer guna menunjang kegiatan belajar mengajar jarak jauh. Kebijakan ini, lanjutnya, memang dirancang untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

“Belum pernah Pemerintah Indonesia menyalurkan bantuan kuota data internet sebesar ini. Waktu saya berjalan-jalan ke Palu, ke Gianyar, ke Pulau Rote, ini benar-benar dirasakan masyarakat,” kata Nadiem.

Nadiem mengakui bahwa keterbatasan paket data internet bagi pendidik dan peserta didik selama ini menjadi salah satu kendala yang dihadapi selama pembelajaran jarak jauh. Menurut dia, berdasarkan hasil survei terdapat 85 persen masyarakat yang merasakan manfaat dari bantuan kuota internet ini. (*)

BERITA REKOMENDASI