Sudah Tak Ada Lagi Kapal Nelayan China di Natuna

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengklaim tak ada satu kapal nelayan China pun yang masuk perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, di dekat Natuna, Kepulauan Riau. Ia menyebut kapal yang terdeteksi hanya coast guard atau penjaga pantai Negeri Tirai Bambu.

"Kalau ada, sudah kami tangkap. Kan enggak ada yang kami sisir, enggak ada kapal (nelayan) China. Coast guard-nya ada tapi apa keliatan kapal China yang mana? Anda bisa bedakan kapal China dengan kapal Vietnam," kata Edhy.

Wakil ketua umum Partai Gerindra itu menyebut pihaknya sejauh ini hanya mendeteksi kapal nelayan asal Vietnam. Menurut Edhy, pihaknya juga sudah berhasil menangkap tiga kapal nelayan Vietnam pada 30 Desember 2019. "Kapal-kapal lain kalau memang waktu itu ada di situ sudah tertangkap. Buktinya ada tiga, tiga saja yang keliatan," ujarnya.

Edhy pun meminta para pihak yang menyebut kapal nelayan China mengeksploitasi ikan di Natuna untuk menunjukkan bukti kepada dirinya. Pasalnya, saat melakukan patroli, pihaknya hanya menemukan dan menangkap tiga kapal nelayan Vietnam. (*)

BERITA REKOMENDASI