Sumarsini Raih Penghargaan PAUD Nasional 2018

BANDUNG, KRJOGJA.com – Sumarsini memperoleh anugrah penggiat PAUD Nasional 2018 di Bandung, Jumat (7/12/2018). Atas prestasi ini mendapatkan sejumlah uang pembinaan,alat bantu untuk lembaga dan piagam dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .

Di dalam jiwa Sumarsisni menggelora harus ada PAUD di dusunnya. Hidup sebagai  pegiat PAUD dari Dusun Sladi,Desa Umbulrejo Kecamatan Ponjong Gunung kidul DIY.
Berjuang dari tahun 2004 hingga saat ini Dalam kurun waktu yang cukup lama banyak suka dan dukanya,namun itu dilalui Sumarsini dengan suka cita.

Di Desa Umbulrejo ini, Sumarsini memulai kiprahnya menjadi seorang pendidikan di KB Tunas Harapan,merupakan lembaga PAUD pertama yang didirikan di wilayah itu.
Berbagai macam kesulitan, tantangan dihadapi Sumarsini karena pada waktu itu belum.ada PAUD di desanya.

Kehidupan diantara bukit-bukit yang kering membuat Sumarsini tertantang dan harus berjuang untuk masa depan anak Indonesia. Namun buka dengan keluwesannya berhasil menjalankan roda kegiatan PAUD ini,dan berhasil menggandeng PKBM Pertiwi untuk menjadi penyelenggara PAUD.

Bekerjasama dengan dinas pendidikan setempat Sumarsini berhasilmensosialisasikan arti penting PAUD bagi masyarakat. Akhirnya mampu menginspirasi wilayah di sekitarnya untuk membangun lembaga PAUD. Karier Sumarsini meningkat setelah menjadi guru kelompok dan kini beralih menjadi guru sentra sampai akhirnya menjadi Kepala Kelompok Bermain Tunas Harapan. Bahkan, menjadi ketua bidang pengembangan kurikulum. Karena itu, mendapatkan penghargaan sebagai Penggiat PAUD nasional.

Mendikbud Muhadjir Effendy juga menyerahkan penghargaan Anugerah PAUD yang diperuntukkan bagi pegiat PAUD yang telah menunjukkan kerja keras dan prestasinya untuk memajukan PAUD. Anugerah ini diberikan dalam berbagai kategori, yaitu: (1) Pemenang Pembuatan Edugame diraih oleh Ika Yunsita Pratiwi, Krisna Fawwataqi Raheko, dan Arya Perkasa; (2) Pemenang Pembuatan e-book Cerita Anak, diraih oleh Olany Agus Widiyani, Esti Asmalia, dan Grace Marina Sophia; (3) Pemenang Membaca Lantang Buku Cerita Anak Kategori Teknik Membaca Terbaik, diraih oleh PAUD IPEKA BSD, PAUD AL Istiqomah 1(A), dan TK Kemala Bhayangkari. (Ati)

BERITA REKOMENDASI