Survei INES: Partai Golkar Lewati PDI Perjuangan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Indonesia Network Election Survey (INES) menggelar survei dengan tema “Peta Elektoral Menuju Perhelatan Pemilihan Calon Anggota Legislatif dan Presiden (Pilpres) 2024”.

Koordinator Survey INES, Herry Soetomo, Kamis (10/2/2022), menjelaskan peta elektoral menuju gelaran Pemilihan Anggota Legislatif dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin dinamis. Kelompok-kelompok relawan mulai menyatakan diri mendukung para tokoh yang digadang-gadang bakal maju sebagai calon presiden (Capres), sangat tepat untuk mengetahui persepsi dan preferensi publik terhadap dinamika politik nasional.

Herry mengatakan hasil temuan survei INES didapati sejumlah partai politik diprediksi tidak akan lolos “parliamentary threshold” (PT) atau ambang batas parlemen sebesar 4 persen dalam perhelatan Pileg 2024.

Hanya ada tujuh partai yang masih berada di atas ambang batas parlemen atau bisa mengirimkan kader untuk duduk sebagai anggota legislatif di Senayan.

Menurut Herry, hasil surveielektabilitas Partai Golkar berada di peringkat teratas dengan nilai 18,2 persen. Posisi kedua ditempati PDI Perjuangan dengan angka 15,2 persen, diikuti Partai Gerindra dengan 14,8 persen.

Selanjutnya, posisi keempat ditempati oleh PKB dengan elektabilitas 7,4 persen, Partai Demokrat 5,2 persen dan PKS 5,1 persen. “Partai Nasdem menjadi partai ketujuh yang lolos ke Senayan dengan nilai 4,7 persen,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI