Susi Ajak Eropa Perangi Illegal Fishing

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan praktik kejahatan penangkapan ikan atau IUU (Illegal, Unreported, and Unregulated) fishing hanya dapat ditanggulangi secara efektif melalui penguatan kerja sama internasional. Untuk itu, IUU Fishing harus dikategorikan sebagai kejahatan lintas negara, karena kerap terkait dengan kejahatan terorganisasi internasional.

Hal tersebut disampaikan Susi dalam presentasinya terkait perkembangan industri perikanan dan upaya pemerintah Indonesia menanggulangi penangkapan ikan secara ilegal pada pembukaan "6th European Tuna Conference" di Brussel, Belgia, Senin (24/04/2017). Konferensi dihadiri lebih dari 250 peserta dari asosiasi perusahaan penangkap ikan, perusahaan pengolahan ikan dan teknologi perikanan, LSM, dan pemerintah dari negara-negara Eropa dan negara penghasil ikan utama dunia.

"Dalam praktiknya IUU fishing dilakukan bersamaan dengan kejahatan lain seperti penyelundupan manusia, obat-obatan terlarang, dan juga melibatkan praktik perbudakan modern,” ujar Susi. (*)

BERITA REKOMENDASI