Susi Pudjiastuti Gandeng PLN

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng PT PLN (Persero) guna memenuhi kebutuhan tenaga listrik di setiap lokasi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT). Hal tersebut terangkum dalam naskah penandatanganan kesepakatan bersama antara Sekretaris Jenderal KKP, Rifky Effendi Hardijanto dengan Direktur Utama PLN Sofyan Basir.

Menteri Susi menjelaskan, tenaga listrik di 12 lokasi SKPT yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan membutuhkan transmisi yang besar. “Sebenarnya project yang dibuat bukanlah project yang besar. Semuanya dalam angka kecil, tapi memang ditempatkan di banyak lokasi, karena disesuaikan dengan geografis kita," ujarnya.

Pasokan tenaga listrik yang bersumber dari baterai maupun diesel, lanjut mantan Bos Susi Air ini, dianggap tepat untuk digunakan di pulau-pulau kecil dan kawasan perbatasan. Dia pun berharap, PLN dapat ,memberikan alternatif pasokan tenaga listrik.

“Kalau diesel itu terkadang masalahnya di bahan bakar. Nah tempo hari kita melihat adanya baterai-baterai yang besar itu Pak. Kalau kita bisa pasang di beberapa tempat, itu kan bisa dipakai beberapa kali.  Mungkin PLN bisa memberikan alternatif kepada kita seperti itu,”  lanjutnya.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengungkapkan, PLN siap mendukung program KKP. Ia berharap dalam jangka waktu 3–4 bulan ke depan, dapat menyeleraskan kinerjanya dengan visi misi KKP, terutama tentang bisnis perikanan yang saat ini butuh dukungan proses elektrifikasi. (*)

BERITA REKOMENDASI