Susi Pudjiastuti Tunggu Jokowi Tandatangani Perpres Pensiun Dini

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) masih menanti terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) yang bakal melegalisasi rencana restrukturisasi pegawai melalui program pensiun dini atau golden handshake. Program tersebut dilakukan sebagai upaya penguatan dan perbaikan sumber daya manusia (SDM) lembaga. Melalui program ini, KKP berharap aparat yang pensiun dini bisa beralih menjadi wiraswasta di bidang kelautan dan perikanan baru.

"Rencana pertama, kami akan melakukan golden handshake untuk hampir 1.000 orang tetapi itu bertahap selama tiga tahun ke depan," tutur Susi Pudjiastuti.

Pegawai yang berhak mengikuti program golden handshake adalah pegawai yang sudah berusia 50 tahun dan memiliki masa kerja lebih dari 10 tahun. Pegawai juga memenuhi penilaian kinerja dan kompetensi yang diatur KKP. Selain itu, pegawai juga harus mendapatkan persetujuan dari eselon I dan sekretaris jenderal selaku pejabat yang berwenang.

Setelah pensiun dini, KKP akan memberikan pendampingan agar pegawai bisa menjadi wiraswasta kelautan dan perikanan baru. Hingga kini sudah 75 pegawai KKP yang menyatakan minat untuk mengikuti program golden handshake. (*)

BERITA REKOMENDASI