Tabloid Sejenis Indonesia Barokah Ditemukan di Jabar

Editor: Ivan Aditya

BANDUNG, KRJOGJA.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat menemukan tabloid dan buletin yang isinya terindikasi menyerang salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2019. Temuan ini tidak terlepas dari gaduhnya peredaran tabloid Indonesia Barokah yang terindikasi menyudutkan paslon Prabowo-Sandiaga.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jabar Zacky Hilmi mengatakan, selain tabloid Indonesia Barokah, Bawaslu menemukan tiga media lain yang serupa. Ketiganya yakni tabloid Media Umat dan Pesantren Kita, serta satu buletin Kaffah.

Peredaran tabloid Indonesia Barokah, kata Zacky, ditemukan beredar sejak 18 Januari 2019. Sedangkan tiga media cetak lainnya ditemukan sekitar dua hari lalu di kawasan Bogor.

"Dua hari lalu ditemukan kembali tabloid berbeda. Kalau sebelumnya Indonesia Barokah, ini ada Media Umat, Pesantren Kita dan Buletin Kaffah di Kabupaten Bogor. Kontennya memang berbeda," kata Zacky Hilmi.

Meski begitu, Zacky mengaku tidak dapat menjelaskan terkait materi konten pada tiga tabloid tersebut. "Kalau dilihat saling bertentangan opininya. Tapi lokasi distribusinya masih di sekitaran pesantren dan masjid," ujarnya.

Bawaslu, kata Zacky, sedang menelusuri terkait kemunculan tiga tabloid tersebut dengan berkoordinasi bersama Bawaslu RI dan dewan pers. Bawaslu Jabar juga berkoordinasi dengan Bawaslu DKI lantaran alamat redaksi berada di Jakarta. (*)

BERITA REKOMENDASI