Tabrakan Kereta, 50 Orang Tewas

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – Perayaan keagamaan di India berakhir dengan tragedi saat sebuah kereta penumpang menabrak kerumunan orang yang berkumpul untuk menghadiri upacara pembakaran patung Hindu di Amritsar, dekat perbatasan Pakistan. Sedikitnya 50 orang tewas dalam insiden tersebut.

Asap yang muncul dari patung yang dibakar menghalangi pandangan, sementara suara ledakan petasan membuat suara kedatangan kereta yang menabrak kerumunan orang yang datang dalam perayaan di pinggir rel itu tidak terdengar jelas. Pejabat Amritsar, Rajesh Sharma mengonfirmasi bahwa ada 50 jasad ditemukan setelah kejadian itu dan dikhawatirkan masih ada yang lainnya.

Kerumunan itu berkumpul untuk membakar patung raja setan dalam agama Hindu, Rahwana sebagai puncak dari festival tahunan Dussehra. Pembakaran patung telah menarik sebanyak 700 penonton yang berdesakan di sepanjang rel kereta api.

Saksi mata melaporkan ada beberapa anak-anak di antara korban dan operasi penyelamatan masih berlangsung dengan polisi dan sukarelawan mencari jasad korban di bawah puing-puing.

Perdana Menteri Narendra Modi telah menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga korban yang tewas, sementara Menteri Utama Punjab, Amarinder Singh telah menjanjikan pembayaran pemerintah sebesar 500.000 rupee (sekira Rp103 juta) kepada keluarga terdekat para korban. (*)

BERITA REKOMENDASI