Tabuhan Gendang Buka Festival Mahakam 2018

SAMARINDA, KRJOGJA.com  – Festival Mahakam 2018 resmi dibuka, Jumat (2/11) malam. Pembukaan ditandai dengan tabuhan gendang Walikota Samarinda Syaharie Jaang dan Perwakilan Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata M Tazbir. 

Ceremony pembukaan berlangsung di Panggung Musik Tepian Amphitheater tepian Mahakam, Jalan Gajah Mada Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Turut hadir dalam kesempatan itu,Asisten Gubernur Kaltim Bidang Polhukam Sembiring, Kepala Dinas Parawisata Kota Samarinda Muhammad Faisal, dan perwakilan dari Spanyol.  

Pembukaan juga diwarnai dengan pemberian cinderamata dan sarung Samarinda secara simbolik. Tepatnya dari  Walikota Samarinda kepada perwakilan tim COE Kementrian Pariwisata RI, Asisten Gubernur Kaltim Bidang Polhukam, serta perwakilan dari Spanyol Miss Aida dan Miss Raffi.

Semakin malam, pembukaan Festival Mahakam makin semarak. Karena ada pelepasan sekitar 500 lampion dan pesta kembang api. 

“Festival Mahakam tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-18 kalinya. Festival ini sudah cukup tua  umurnya. Tetapi, secara pribadi, saya mulai garap dalam lima-enam tahun terakhir. Dari situ mulai kita angkat lebih besar, lebih dari biasanya” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda Muhammad Faisal.

Pembukaan Featival Mahakam tidak melupakan atraksi budaya. Hal ini dibuktikan dengan atraksi Tari Ameq Menyat. Tarian ini menggambarkan kehidupan sehari hari masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup.  Mereka tak lupa memohon kepada dewi padi agar tanaman tumbuh subur dan menghasilkan padi yang banyak. Setelah itu, giliran aksi Langit Band yang menghibur pengunjung. Band ini melantunkan  lagu Bongkar dari Iwan Fals, lagu Mungkinkah dari Stingky dan ditutup dengan lagu Terlalu Manis dari Slank. Acara ditutup dengan persembahan Keroncong Samarinda.

Dijelaskan Faisal, ada yang membedakan event ini sejak ia pegang dengan tahun sebelumnya."Yang pertama, Festival Mahakam selalu konsisten digelar di weekend pertama dalam bulan November, yang kedua Festival Mahakam ini multieven. Jadi, banyak acara di dalamnya, tahun ini tagline kita 3 hari 13 venue 30 acara diadakan di tepi Mahakam,” paparnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI