Tahun 2020 Rektor Asing Bakal Pimpin Perguruan Tinggi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menargetkan wacana impor rektor asing untuk memimpin perguruan tinggi negeri (PTN) bisa diterapkan pada 2020 mendatang. Saat ini pihaknya masih menyusun beberapa peraturan untuk menunjang kebijakan tersebut.

Selain itu, Nasir juga masih memetakan PTN apa saja yang bisa mulai mempekerjakan rektor asing pada 2020. "Kalau tahun ini enggak bisa, saya targetnya di tahun 2020. Target 2020, kita perbaiki (aturan) 2019 harus selesai," kata Nasir.

Nasir tidak mempermasalahkan banyaknya pro dan kontra soal wacana mempekerjakan rektor dan tenaga pengajar di universitas yang bukan berasal dari Indonesia. Bahkan ketidaksetujuan dari pihak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pun menurutnya bukan masalah. 

Kata dia, persoalan pro dan kontra adalah hal yang biasa untuk sebuah kebijakan. "(Di DPR) Ya kita bicarakan, pro-kontra hal biasa, yang penting kontra jangan terlalu membenci itu saja. Kalau kontra ajak bicara. Berilah kesempatan pemerintah untuk mengerjakan ini. Jangan sampai kontra benci semua tutup, itu tidak kooperatif," kata dia. 

Yang terpenting kata dia, saat ini wacana tersebut harus bisa dijalankan. Sebab bagi Nasir inilah langkah terbaik untuk memperbaiki kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. (*)

BERITA REKOMENDASI